Harvest City, Hidupkan Koridor Cileungsi-Mekarsari

Setelah era Cibubur lewat, tren pengembangan di tenggara Jakarta sekarang mulai mengarah ke koridor Cileungsi-Mekarsari. Jika lebih dari satu dekade lalu, proyek yang dibangun masih bisa dihitung dengan sebelah jari tangan, kini berbeda jauh kondisinya. Di setiap jengkal lahan, terdapat plang nama proyek baru. Entah itu proyek milik perusahaan berbadan hukum atau individu.

 

Yang terbaru adalah Harvest City. Tak main-main, ini merupakan proyek dengan luas lahan terbesar yang pernah direncanakan dan segera diimplementasikan, yakni 1.050 Ha. Lebih luas dibandingkan Kota Wisata, sebagai ikon kawasan Cibubur yang ‘hanya’ memiliki ijin prinsip 1.000 Ha. Luasan lahan Harvest City hanya bisa dikalahkan oleh proyek ‘almarhum’ Bukit Jonggol Asri, 30.000 Ha.

 

Harvest City merupakan pengembangan perumahan skala kota yang dibangun oleh PT Dwikarya Langgeng Sukses, konsorsium bentukan tiga pengembang yang terdiri atas Grup Suryamas Dutamakmur, Grup Duta Putera Mahkota dan Grup Kentanix Supra Internasional. Mereka sepakat menjalin kolaborasi strategis dengan komposisi saham Grup Suryamas Dutamakmur sebagai mayoritas (sebanyak 50%) dan masing-masing 25% disumbang Grup Kentanix Supra Internasional dan Grup Duta Putra Mahkota.

 

Di atas lahan yang lokasinya persis berseberangan dengan wahana rekreasi Taman Buah Mekarsari ini akan didirikan lebih dari 10.000 unit rumah dengan tipe variatif. Mulai tipe kecil, menengah hingga mewah. Konfigurasi ini sesuai dengan latar belakang tiga pengembang tersebut yang memang memiliki spesialisasi masing-masing. Seperti Grup Suryamas Dutamakmur yang popular dengan portofolio perumahan mewah di Rancamaya, Bogor dan Mahogany Residences, Cibubur. Sementara Grup Duta Putera Mahkota dan Kentanix Supra Internasional telah lama dikenal sebagai pengembang perumahan skala menengah-bawah. Macam Vila Dago, Pamulang (Tangerang), Cibubur Riverside dan Vila Nusa Indah 1-5, Bekasi.

 

“Ini adalah sinergi positif. Tiga pengembang dengan kemampuan mumpuni di bidangnya masing-masing bersatu membangun proyek perumahan terpadu. Proyek ini akan menjadi katalisator pertumbuhan properti khususnya dan ekonomi umumnya di koridor Cileungsi-Mekarsari,” ujar Presiden Direktur Grup Duta Putera Mahkota, Herman Sudarsono.

 

Kehadiran Harvest City diproyeksikan bakal menambah semarak pasar dan kompetisi properti di koridor Cileungsi-Mekarsari. Sebelumnya, pasar diramaikan oleh proyek besar yang jumlahnya terbatas. Mereka adalah Taman Metropolitan yang dikembangkan oleh Grup Metropolitan Land dan Citra Indah milik Grup Ciputra. Kedua proyek ini dianggap sebagai ‘kelas gurem’, belum bisa menandingi superioritas dua bersaudara Kota Wisata dan Legenda Wisata (Grup Duta Pertiwi).

 

Taman Metropolitan dan Citra Indah memang  tidak dirancang sebagai perumahan terpadu. Tak heran jika sejak dibangun pada kurun 1997/1998, hingga tiga tahun lalu, kedua proyek ini belum bisa menarik minat, alih-alih menciptakan selera pasar. Dalam perkembangannya kemudian, Grup Metropolitan Land kemudian melakukan segregasi atas Taman Metropolitan dan melahirkan Taman Cileungsi yang kelasnya jauh lebih rendah dan menyasar pasar lebih spesifik yakni para pekerja pabrik di sekitar kawasan industri Narogong-Cileungsi-Citeureup-Cibarusah. Hal serupa dilakukan Citra Indah yang mengandalkan produk mungil tipe 21, 27 dan 36 demi mendapat kue pasar yang sejatinya sangat besar jika digarap dengan serius.

 

Sekarang, dengan konstelasi bisnis yang jauh berbeda, akan sangat menarik mencermati rivalitas Harvest City, Taman Metropolitan dan Citra Indah. Harvest City diuntungkan oleh kesegaran konsep yang diusungnya dan gimmick kelengkapan fasilitas seperti katakanlah Harvest City Mall, Culinary Market, The Harvest Walk, Discovery Park, Sport Center, Urban Forest dan Food Carnaval yang kesemuanya berada pada area komersial.

 

Taman Metropolitan tak mau terlalu kaku dengan konsep awal yang mengkhususkan diri menyediakan rumah kelas menengah atas. Mereka juga bermain di kelas 28/90 sampai 54/104 seharga Rp129,5 juta dan Rp260 juta. Citra Indah kian memantapkan market positioning-nya sebagai pemasok rumah sederhana strata 21/60 dengan harga penawaran Rp47 juta. Meski begitu, mereka tetap menggarap pasar lebih atas yakni tipe 66/300 yang dipatok Rp321 juta. Profil pembeli rumah dengan dimensi demikian adalah mereka yang sudah menempati posisi middle level manager.

 

Harvest City sendiri akan dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama seluas 150 Ha yang terdiri atas 5.000 unit rumah high density dengan harga penawaran perdana dimulai dari Rp146,8 juta untuk tipe 43/78 hingga Rp250,4 juta untuk dimensi 66/136 yang berada dalam area klaster Dianthus. Tahap kedua yang akan digarap adalah area komersial seluas 300 Ha. Berbarengan dengan ini, akan dibangun pula rumah medium density seluas 100 Ha. Area pengembangan tahap kedua akan dilintasi tol Cimanggis-Cibitung. Tahap ketiga merupakan tahap akhir pengembangan, di mana PT Dwikarya Langgeng Sukses berkonsentrasi pada pembangunan rumah low density dan high rise building serta light industry yang fokus pada penyediaan fasilitas ruang pergudangan.

 

Menyimak penawaran-penawaran yang diajukan oleh ketiganya, tak pelak membuat persaingan kian ketat, untuk tidak dikatakan sengit. Ketiganya sangat mengandalkan akses Jalur Transyogi yang mengarah pada Jl Raya Cileungsi-Mekarsari, Jl Raya Narogong dan Jl Cibarusah, Bekasi. Apalagi dengan adanya rencana pembangunan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, ikut memotivasi kembali bergairahnya pasar properti di kawasan ini. Momentum ini dimanfaatkan betul oleh ketiganya.

 

Betapa tidak, jika ruas jalan yang akan menghubungkan tol Jagorawi dengan tol Cikampek sepanjang 25,358 kilometer ini rampung, sangat besar potensi yang bisa digarap. Ketiga perumahan ini berpeluang ‘mencegat’ komuter yang bekerja di Bekasi, Jakarta, maupun Bogor yang diperkirakan mencapai sejumlah 109.000 lebih per hari yang akan menggunakan jalur tol ini. Belum lagi industri-industri yang berlokasi di sekitar dan berjarak tak jauh dari tiga proyek itu. Sebut saja Bukaka Industry Complex, Kawasan Industri Menara Permai, Caterpillar, Wijaya Karya Industrial Estates, dan lain-lain.

 

“Faktor-faktor eksternal inilah yang menarik kami untuk menjalin kerjasama pengembangan. Pasar Cileungsi-Mekarsari dan bahkan Jonggol belum terakomodasi dengan baik. Kami membaca pasar di sini akan sangat berkembang dan tumbuh jauh lebih pesat,” ujar General Manager Grup Kentanix Supra Internasional, Kumala Dewa.

 

Betul saja, kendati baru akan dirilis ke pasar awal November ini, harga lahan di Harvest City sudah merangkak ke angka Rp400.000/m2 dari sebelumnya hanya Rp100 ribu-150.000/m2. “Patokan harga aktual sekarang adalah fenomena tes pasar yang kami lakukan beberapa bulan sebelumnya. Dan harga jual akan berubah naik saat pengumuman resmi. Angkanya sekitar 5-10%,’ ungkap Sales Manager Harvest City, Erwin Kurniawan.

 

 

About these ads

27 Tanggapan

  1. Mbak hilda, boleh tanya gak, kepala bagin teknik dan kepala arsitek dari harvest city nya, mau kontek2 nih kesana, btw katanya mereka mau bangun harvest apartmnt jg ya??

    Thanks ya mbak hilda

  2. Harvest City tidak berencana bangun harvest apartment.

    Saya mewawancarai langsung para owner yang tergabung dalam konsorsium pengembang ini, juga konfirmasi Sales managernya.

  3. Pak Sandhie makasih infonya, saya yang telah bapak bantu untuk dapat satu nomor di Harvest City. (pak Sandhie Erwin adalah sales manager).

    Trimakasih Mbak/Pak Hilda atas analisanya membantu saya untuk melihat harvest City.

    Kalau tidak keberatan silahkan mampir ke forum unofficial harvestcity.dev.web.id.

    Website resmi silakan klik di nama pak Sandhie

    me(Suwidi)

  4. Kenapa tipe kecil yaitu 22/60 dan 22/65 tidak ada di websitenya, sehingga konsumen kelas bawah seperti saya bisa tau

  5. Bp/Ibu pengembang kebetulan saya sudah ambil type Durio kira-kira kapan ya rumahnya mulai dibangun sebab kata salesnya november sudah serah terima

  6. Mohon info yg lengkap utk tipe yg kecil ya mbak….spt pak jono tanya…teng kyu…

  7. coba masuk kesini http://harvestcity.net/

  8. Untuk rumah tipe 36 mohon dijelaskan, mulai dari harga, model, serta klo bisa foto dari rumah yang dipasarkan tersebut, tks..

  9. Dengan luas 1050 hektar, bila kita hitung secara matematis akan diperoleh kemungkinan bentuk Panjang x Lebar = 1*10 atau 2*5, atau 3*3.5 dll dalam satuan kilometer persegi.

    dengan bentuk seperti ini, mohon penjelasan seberapa jauhkan dari bantar gebang? dan apakah perumahan ini tidak akan terganggu oleh bau sampah dari sana?

    salam

  10. mohon diposting price list untuk saat ini.

    salam

  11. Mba Hilda…

    kalau boleh info2 terbaru untung property development di bali dong. tq.

    silakan baca SwisBelHotel Segara and Spa Dibangun…. itu di Bali lokasinya

  12. harvest city kemungkinan ntar akan jadi fenomenal di cileungsi. karena dia memadukan beberapa faktor didalamnya.

    okie makasih atas artikelnya, akan meluncur ke harvest city

  13. sebenarnya mana seh alamat website resmi harvest city? seperti nya nama domain yang berhubungan dengan kata HarvestCity telah dibeli oleh yang ingin nebeng nama HC

  14. mohon info saat ini klaster dianthus sudah brp % yg terjual? apakah msh ada yg tersisa ? kemana saya bisa tny2 soal daftar harga HC ini ?

  15. kalo di gerbang cileungsi ada juga loh perumahan oke

    http://tamanmetro88.blogspot.com

  16. kalo aku kan msih kuliah,, kalo naik bis bisa ga keluar dari harvest city ? saya rumahnya di pamulang, cuma berminat pindagke cibubur

  17. Saya sedang dalam proses di Citra Indah,

    Mohon bisa diberikan contact person marketing Harvest City untuk compare.
    Thanks,

  18. boleh saran gak..?
    1.Jalan raya Jonggol-cilengsi diperlebar,mengingat macet sekali jalan itu
    2.ada angkot yang masuk ke wilayah HC supaya kalo jalan gak jauh..

    Trims

  19. Mohon info utk type kecil, spesifikasi dan kisaran harga.

    Terima kasih,

  20. saya sudah booking fee 1 unit orcid di HC,,mohon dibantu prosesc kpr-nya. saya ditawarkan kpr mandiri & BRI.txs

  21. kpn ya orchid mulai dibgun,dah ga sbr nih pgn rmh bru

  22. permisi,saya mau menanyakan masalah letak bantar gebang..apakah tidak ada pengaruhnya?maksudnya kan..letaknya tidak jauh dari harvest,apakah baunya tidak mengganggu?krn di kota wisata (pintu belakang) sangat mengganggu sekali baunya,juga villa nusa indahpun begitu,apa harvest city juga akan terganggu akan bau dari bantar gebang?karena letaknya tidak jauh,mohon penjelasannya,trims

  23. Bapak2 Presdir, GM dan SM yang tersebut diatas tolong komitmen utk kepuasan pembeli Orchid OF-X no. 8
    Terimakasih

  24. Harvest tolong dong vaisilitas ditingkatkan,arcon,PJU,dan yang lain dipikirkan jangan buat janji doang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: