Tahun Ini, 5 Elty Hotel Dibangun

PT Bakrieland Development Tbk mengawali 2011 dengan agresifitas dan gebrakan baru. Beberapa rencana strategis, khususnya untuk sektor hotel dan resort telah dipersiapkan dan mulai direalisasikan.

Dikatakan Presiden Direktur di salah satu unit usaha Bakrieland Development yang menangani Hotel dan Resorts, Marudi Surachman, tahun ini dimaknai sebagai momentum terbaik mengepakkan sayap lebih lebar untuk membangun fasilitas akomodasi baru. “Kebutuhan (permintaan) terus bertambah seiring meningkatnya aktifitas perekonomian di wilayah-wilayah potensial seperti Kawasan Timur Indonesia. Sebut saja Sulawesi, Kalimantan, dan wilayah lainnya,” ujarnya.

Transaksi komoditas hasil bumi yang mendominasi potensi ekonomi wilayah KTI memicu pertumbuhan permintaan akan ruang akomodasi yang lebih representatif.  Transaksi yang terjadi melibatkan pebisnis dari luar KTI, bahkan luar negeri. Para pebisnis ini merupakan profil pasar yang membutuhkan lebih banyak lagi fasilitas akomodasi.

Sementara di wilayah Indonesia Barat, kebutuhan fasilitas untuk aktifitas MICE (meeting, incentives, convetion, exhibition) tak pernah surut. Dengan profil pasar sedikit berbeda, yakni business travelers. “Ceruknya tak kalah besar. Kompetisinya pun sangat ketat,” imbuh Marudi.

Guna mengantisipasi dinamika tersebut, PT Bakrieland Development Tbk tahun ini bakal mengembangkan 5 (lima) hotel dengan mengusung hotel brand Elty. Kelimanya masing-masing; Grand Elty Hotel Kalianda, Lampung, Elty Hotel  Sidoarjo, Jawa Timur, Elty Hotel Cilegon, Jawa Barat dan dua Grand Elty Hotel di Bandung, Jawa Barat. Menyusul kinerja positif yang diperlihatkan Grand Elty Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kecuali Grand Elty Hotel di Tenggarong, yang lainnya merupakan pengembangan integral dalam Elty Rest Area  di beberapa ruas tol yang dibangun oleh PT Bakrie Toll Road. “Ini merupakan strategi bisnis yang menyinergikan antaranak usaha dalam PT Bakrieland Development Tbk. Di mana PT Bakrie Toll Roads membangun jalan tol, di situlah kami akan bangun Elty Rest Area yang mengombinasikan fasilitas akomodasi, komersial dan SPBU,” ungkap Marudi.

Selain mendirikan Elty Hotel, orientasi pengembangan bisnis hotel & resort PT Bakrieland Development Tbk,  pada pembangunan hotel, vila dan kondotel yang dioperasikan dengan standar bintang lima. Khususnya di daerah-daerah tujuan wisata seperti Lampung dan Bali.

Di Bali sendiri, mereka akan fokus untuk melakukan renovasi dan pengembangan baru di sejumlah aset dan land bank yang telah diakuisisi dan dimiliki sendiri. Hotel Nirwana Bali Resort yang sebelumnya dikelola Le Meridien (Starwood Group) diubah menjadi Pan Pacific. Perubahan operator ini termotivasi oleh tren yang berkembang di Asia Pacific, di mana brand-brand Asia menunjukkanpertumbuhan dan dominasinya. Selain perubahan nama, mereka juga mengakomodasi dinamika pasar regional dengan menambah fasilitas berupa 10 unit villa berstatus strata title dengan harga rata-rata di atas 1 juta US Doillar/unit. Ditambah 300 unit kondotel yang menempati area persis di belakang Nirwana Bali Resort yang akan direalisasikan pada 2012. Kondotel ini nantinya akan dikelola oleh jaringan internasional ternama.

Dengan kehadiran brand-brand hotel berbeda ini,  Nirwana Bali Resort bertransformasi menjadi multibrand resort dan akan meyaingin tren konsep pengembangan serupa di Phuket, Thailand, dan Vietnam.

Sementara di kompleks  Pullman Bali  Legian  Nirwana  Resort, fasilitas baru yang akan ditambahkan berupa  9 unit vila eksklusif yang juga berstatus strata title. Dilengkapi dengan private living room, kitchen, taman dan private spa serta rental pool. Penawaran perdana dipatok pada angka 1 juta US Dolar. Tak sebatas itu, di Ubud, PT Bakrieland Development Tbk tengah menyiapkan pengembangan excluxive villas sejumlah 30 unit yang terbagi dalam dua compound.

Beralih ke Lampung, mereka akan menjadikan Krakatoa Nirwana Resort (KNR) sebagai future resort. Di sini, mereka hanya akan menambah fasilitas publik dan Elty Rest Area sebagai main entrance menuju KNR.

Sedangkan di  Lido, Sukabumi, Jawa Barat, menurut Marudi, pihaknya bakal mengimbuhi fasilitas kamar sebanyak 127 unit, melakukan perbaikan atas fasilitas lapangan golf, serta pembangunan 30 vila dan hotel baru.

Sama dengan kondotel di kompleks  Nirwana Bali  Resort, di sini pun mereka akan menerapkan konsep multibrand resort. Realisasi pengembangan Lido ini dilakukan pasca pembangunan akses tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, rampung. Di sini juga Bakrieland Development memiliki lahan seluas 40 Ha yang akan dijadikan sebagai kawasan komersial. Mereka akan menyulapnya menjadi The Jungle jilid dua yang menghimpun fasilitas water theme park, hotel, ruang ritel, dan wahana atraksi setara Disneyland.

 

 

About these ads

4 Tanggapan

  1. Kapan bakry land bangun hotel baru lagi ya………..

  2. elty nyang baru di kalindaa ini pak tolong tambah wahana bermainya uhntuk anak2

  3. dan pasilitas pasilitas nya di tambah lagi

  4. Kapan ya grup Elty Hotel bangun budget hotel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: