Sepuluh Pengembang Terbesar 2011 versi BCI

Jika Anda menebak nama-nama kelompok usaha pengembang macam Agung Podomoro Group atau Agung Sedayu Group masuk dalam listing BCI ini, maka sangatlah tepat.

BCI mendasarkan penilaian terbesar atas kategori besaran nilai proyek yang dikerjakan selama satu tahun penuh pada 2010. Dan Agung Podomoro Group yang diwakili oleh Agung Podomoro Land menempati posisi pertama dari sepuluh besar daftar pengembang terbesar.

Pengembang yang dikomandani Trihatma K Haliman ini mencapai porsi 25% dari total nilai proyek properti tahun 2010 yang dicatat BCI sebesar 2.45 miliar dolar AS. Disusul kemudian oleh Agung Sedayu Group dan Ciputra Development.

Secara alfabetical, berikut sepuluh pengembang terbesar dan teratas versi BCI:
PT Agung Podomoro Land Tbk
PT Agung Sedayu
PT Ciputra Development Tbk
PT Duta Pertiwi Tbk
PT Intiland Development Tbk
PT Jakarta Setiabudi International Tbk
KG Global Development
PT Lippo Karawaci Tbk
PT Metropolitan Kentjana Tbk
PT Summarecon Agung Tbk

Apapun dasar penilaian dan kategori penilaian, itu hak sepenuhnya BCI. Country Director BCI Indonesia, Agus Dinar mengatakan, terpilihnya sepuluh pengembang teratas dan terbaik itu setelah melalui proses penilaian yang didasarkan atas proyek-proyek yang tengah mereka kerjakan sepanjang 2010. Tak hanya pengembang Dengan wilayah operasional Jakarta, juga seluruh Indonesia.

Jika yang menjadi kategori penilaian adalah nilai proyek atau konstruksi pada proyek yang tengah dikerjakan selama 2010, mengapa PT BSD Tbk luput dari daftar sepuluh teratas? Mengapa JSI yang justru masuk? Pdahal selama kurun 2010, PT BSD Tbk sangat agresif melansir dan mengerjakan proyek baru.

Begitu juga dengan Grup Pakuwon yang tengah mengerjakan dua proyek multifungsi mereka baik di Jakarta maupun di Surabaya. Rasanya laik masuk daftar sepuluh teratas versi BCI ini. Atau Grup Para Bandung Propertindo yang sangat agresif dan ekspansif di wilayah Bandung, Makasar, dan Balikpapan serta terakhir di Jakarta. Tak luput, nama-nama popular lain macam Grup Dua Mutiara milik Tan Kian sebagai pengembang spesialis High rise Commercial terkemuka di Jakarta dan Indonesia.

Dibandingkan dengan PT Metropolitan Kentjana Tbk yang hanya mengandalkan Wisma Pondok Indah 3, Pondok Indah Golf Apartment dan terbaru The Windsor, jels Grup Pakuwon lebih tinggi nilai proyeknya.

About these ads

3 Tanggapan

  1. Mbak Hilda,
    Melengkapi dan juga meluruskan tentang BCI Asia Awards 2011, kami sampaikan bahwa penilaian untuk menentukan Top10 Developer maupun Top10 Architect adalah berdasarkan:
    – proyek yang sedang dirancang di tahun 2010 (dalam tahapan design/documentation) dan proyek-proyek tersebut direncanakan dimulai di tahun 2011.

    Bukan berdasarkan pada proyek yang tengah dikerjakan selama 2010.

    Jadi, top10 developer inilah yang bakal paling aktif selama 2011.

    Terima kasih dan salam.

    Dian Putra
    Marketing & Communication Manager
    BCI Asia, Indonesia

  2. mam, kata orang dalem bci asia, data proyek yg masuk perhitungan adalah proyek2 yang dalam tahapan design di tahun 2010, dan proyek yang progress konstruksi di 2010, pakuwon khan proyeknya sudah design bahkan konstruksi dari tahun kapan, jadi tidak masuk perhitungan, dan BSD CITY masuk dalam grup sinarmas, mereka mengajukan nama Duta pertiwi sebagai penerima penghargaan, karena mereka menilai dari Grup bukan anak perusahaan. mungkin bisa membantu mam…

  3. To Mas Dian dan Mas Arik… terima kasih komentar dan tanggapannya. Saya senang sekali Anda berdua mengunjungi dan membaca blog saya.

    Tulisan lengkapnya sesuai rilis dan hasil wawancara saya dengan Pak Agus Dinar dan Mas Dian, akan tayang di media resmi saya, Majalah Properti Indonesia edisi Juni 2011.

    Tanggapan Mad Dian, sekaligus meluruskan (ada yang bengkok ya Mas? :D) tulisan saya ini.

    Namun, jika mau fair, PT Duta Pertiwi itu bukan grup, melainkan sister company dari PT BSD Tbk… holdingnya sendiri adalah Sinarmasland (nama baru dari Sinarmas Real Estate Division/Sinarmas RED)

    Dari beberapa pertanyaan yang saya ajukan kepada Pak Agus Dinar mengenai proyek apa saja yang masuk kategori ‘tengah didesain’ dan akan konstruksi 2011, beliau justru menyebut nama-nama proyek yang tengah dan sudah dikerjakan. Makanya saya menulis di sini, kalau demikian, kenapa Grup Pakuwon tidak masuk?

    Baiklah kalau kita sepakat menggunakan parameter nilai proyek ‘yang tengah didesain’ dan akan dikerjakan 2011, lantas kenapa Grup Dua Mutiara tidak masuk? padahal mereka sudah mendesai the supertall building di Indonesia yang berlokasi di CBD Jakarta, juga sudah mendesain the tallest apartment di lanbank mereka di Mega Kuningan dan akan dikerjakan pada 2011…. yang saya yakin kedua nilai proyek tersebut melebihi proyek-proyeknya Agung Podomoro Land Tbk. Mengenai nama ini pun, saya pertanyakan, proyek yg tengah mereka desain adalah di kawasan Pos Pengumben. KOnsepnya mixed use development, nilai proyeknya? Mas Dian dan Mas Arik bisa perkirakan sendiri, jika dikomprasikan dengan nilai proyek pengembang lainnya….

    Ketiga, masih jadi pertanyaan pula dan potensial menjadi variabel yang meleset adalah komitmen untuk segera mengerjakan tepat waktu pada 2011. contohnya JSI. Saya sudah wawancara dengan Presdir Jeffri Darmadi, mereka akan bangun dua tower apartemen di Setiabudi dan renovasi Hyatt di Jogjakarta dan bangun Hyata Residence di kota yang sama. Apartemen dan yang lainnya sudah didesain sejak 2009. Hyatt Regency dan Hiyata baru terealisasi sekarang. Sementara realisasi apartemennya dikatakan akhir kuartal 3 2010, tapi nyatanya hingga kini belum terealisasi….

    Demikian Mas Dian dan Mas Arik. Correct me if im wrong. Anyway, nice to discuss it with you too….

    Salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: